Rabu, 07 September 2011

Aplikasi sistem informasi manajemen pada perusahaan (Salon Sofie)

Deskripsi dan sejarah perusahaan
NO


1.
Nama Lembaga
Salon SOFIE
2.
Alamat lembaga
Jl. Pelajar Pejuang ’45 No. 199 C Bandung 40264
3.
No telp/fax/email
·       Telp. ( 022 ) 7301692
·       Fax. (022 ) 7315835
·       Email : salon.sofie@gmail.com
4.
Tanggal berdiri
1955
5
Perijinan
surat izin Keputusan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat No. 375 / I . 02. 10 / A / A / 1989, tanggal 9 November 1989
Nilek TKK No. :421.9/3025a-PNFI/2009
Nilek TKR No. :421.9/3025a-PNFI/2009
Nilek TRP  No. :421.9/3025a-PNFI/2009
Nilek Hantaran No.:421.9/3025a-PNFI/2009

Berawal dari Ibu Tuti Kusmiati mendapatkan pendidikan kecantikan di Vitaderm, yang kemudian mendapatkan diploma dan praktek di mevrow Den Hertog jl. Dipatiukur Bandung. Sejalan dengan itu minat akan kecantikan semakin meningkat. Sehingga timbul keinginan untuk belajar membuat kosmetik sambil praktek tahun 1955.
Sementara di tempat kediaman, semakin banyak masyarakat sekitar yang datang untuk didandani. Sampai akhirnya dipercaya merias pengantin. Sehingga akhirnya dapat memiliki usaha salon, dan juga berkembang memperluas area usaha  salon, menjadi yang saat ini berada di jl.Pelajar Pejuang’45 no. 199 C Bandung 40264.
Kaitan salon dengan jasa penyewaan baju daerah sudah berlangsung cukup lama. Dimulai dari kerabat yang memerlukan untuk acara pernikahan, yang akhirnya tanpa disadari telah memiliki lebih dari 300 macam pakaian daerah dari 30 lebih provinsi yang ada di Indonesia. Terutama pakaian daerah jawa barat.
Didasari keinginan untuk terus menambah pengetahuan, Ibu Tuti kembali masuk bangku sekolah di Studi Pendidikan Tata Rias Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknis, Universitas Negeri Jakarta pada tahun 2005. Dan dilanjut dengan menimba ilmu di Cidesco Diplome International.
Dan pada saat ini Ibu Tuti sedang kembali menimba ilmu di program pasca sarjana Universitas Islam Bandung, konsentrasi manajemen kewirausahaan.

Latar belakang penerapan manajemen sistem informasi pada perusahaan
            Ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), saat ini merupakan kata kunci bagi keberhasilan pembangunan suatu bangsa maupun suatu perusahaan. Perjalanan sejarah serta pengalaman beberapa negara, ternyata inovasi teknologi merupakan salah satu aspek yang memiliki daya dongkrak (leverage) yang sangat tinggi bagi daya saing suatu bangsa. Hal ini menunjukkan adanya pergeseran yang besar dalam paradigma pembangunan suatu negara, yang semula hanya mengandalkan sumber daya alam sebagai tumpuan pembangunan, berubah menjadi sumber daya manusia dan sumber daya iptek. Beberapa negara maju bahkan sudah lama menjadikan iptek sebagai penghela utama dalam pembangunan bangsanya. Konsep “knowledge base economy” (KBE atau ekonomi berbasis pengetahuan/EBP) merupakan konsep yang mencerminkan kondisi tersebut. Saat ini konsep EBP banyak dikembangkan di negara-negara maju, yang pada intinya menekankan betapa sangat berperannya teknologi dan informasi dalam pembangunan suatu bangsa.
Berawal dari kesadaran bahwa sebagai individu dan perusahaan, kita harus terus mampu belajar dan berkembang mengikuti trend global maupun lokal untuk dapat bertahan hidup dengan baik. Yang mana pola kehidupan saat ini dan kedepan, akan sangat dipengaruhi oleh kecakapan akan teknologi.
salah satu aset perusahaan bisnis modern yang sangat berharga adalah sistem informasi yang memiliki tingkat respon tinggi serta fokus kepada para penggunanya dari segala aspek.
Sistem informasi yang dibangun dengan baik dan benar antara lain dapat meningkatkan produktivitas, mengurangi stok material produksi, menghilangkan kegiatan yang tidak memiliki manfaat (nilai tambah), meningkatkan layanan dan kepuasan pelanggan, mengkoordinasikan setiap bagian dalam perusahaan serta meningkatkan kualitas kebijakan manajemen.
Strategi perusahaan berbasis sistem informasi perlu dibuat karena sumber daya yang dimiliki perusahaan sangat terbatas, sehingga harus dimanfaatkan secara optimal. Strategi ini juga digunakan untuk meningkatkan daya saing atau kinerja perusahaan karena para kompetitor memiliki sumberdaya teknologi yang sama dan memastikan bahwa aset teknologi informasi dapat dimanfaatkan secara langsung maupun tidak langsung dalam meningkatkan profitabilitas perusahaan, baik berupa peningkatan pendapatan mapun pengurangan biaya. Selain itu, strategi perusahaan berbasis sistem informasi digunakan untuk mencegah terjadinya kelebihan atau kekurangan investasi serta menjamin bahwa teknologi informasi yang direncanakan benar-benar menjawab kebutuhan bisnis perusahaan akan informasi.
            Begitu juga halnya Salon Sofie, dalam upaya untuk tetap eksis, mau tidak mau harus berupaya secara maksimal menerapkan manajemen system informasi dalam proses operasional sehari-harinya. Hal yang paling dekat adalah penggunaan perangkat computer dalam kegiatan operasional salon. Baik itu yang berkaitan dengan aktifitas utama seperti, inbound logistic, operation, outbound logistic, marketing and sales serta service, maupun aktifitas pendukung seperti, procurement,  human resource management, technological development dan infrastructure.
            Dan juga tuntuan untuk menyesuaikan strategi perusahaan dan penerapan ilmu dan pengetahuan akan perilaku organisasi serta etika bisnis di dalam operasional salon, baik menyangkut manajemen, karyawan, staf hingga pelanggan. Yang Mana semua input informasi tersebut membutuhkan manajemen yang baik, agar system dapat berjalan dengan lancar dan mencapai tujuan yang diharapkan.
            Bentuk kegiatan manajemen system informasi yang diaplikasikan di Salon Sofie :
-        Pendataan konsumen (database)
-        Akuntansi stok salon,system accounting, gaji dan bonus.
-        Inventarisasi stok pakaian daerah. dsb
Yang dahulu di lakukan secara manual, saat ini dan kedepan memanfaatkan sumber daya teknologi computer.

Harapan mengenai output yang akan dihasilkan oleh manajemen system informasi.
            Dengan menerapkan manajemen system informasi maka diharapkan setiap sumber informasi dapat diolah dengan sedemikian baik. Sehingga setiap sumber akan dapat memberi masukan dan sumbangsih yang mendukung kegiatan operasional, yang pada akhirnya akan menciptakan pola system perusahaan yang kuat dan berkesinambungan, yang membuat perusahaan mampu menjadi sebuah perusahaan yang beroperasi dengan sebaik mungkin dan memberikan hasil nyata akan kepuasan pelanggan.
            Salon Sofie, sebagaimana sebuah perusahaan atau organisasi,  yang di dalamnya terdapat berbagai sumber informasi untuk diolah, diharuskan menerapkan menajemen system informasi dengan optimal. Penggunaan teknologi / computer di dalam kegiatan operasional secara umum bertujuan untuk meningkatkan kinerja Salon.
            Penggunaan database pelanggan, diharapkan mampu membuat salon sofie mengenali pelanggannya dengan lebih baik, sehingga lebih memahami akan kebutuhan pelanggan secara umum maupun individual.
            Menginventarisasi dengan bantuan teknologi computer sejumlah asset seperti pakaian daerah dan berbagai macam jenis kosmetik yang dimiliki. Untuk memudahkan manajemen, karyawan dan staf Salon Sofie dalam mengoptimalkan pelayanan yang berkualitas kepada pelanggannya.
            Setahap demi setahap, mengikuti dan menerapkan  teknologi informasi dalam proses pelayanan kepada pelanggan. Seperti menggunakan telepon, faksimil dan email dalam menjangkau pelanggan yang kebetulan tidak dapat berkunjung secara langsung ke Salon Sofie. Memiliki akun di 1 atau 2 jejaring social di internet, agar pemasaran lebih menyebar luas. Dan terus diusahakan untuk lebih meningkat seperti kepemilikan sebuah blog ataupun website, yang akan lebih menunjang pola e-commerce (pemasaran melalui media elektronik internet)

Kualitas informasi yang ingin dihasilkan.
            Tentunya dalam setiap organisasi atau perusahaan, ada tujuan, target dan keinginan untuk menghasilkan kualitas informasi yang mencapai level tertinggi. Sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan memberikan hasil yang maksimal kepada para pelanggannya.
            Pencapaian maksimum dari penggunaan system informasi dalam sebuah perusahaan, akan menjadi sebuah sumber daya untuk menghasilkan keunggulan kompetitif. Dan dengan keunggulan kompetitif tersebut maka perusahaan akan akan dapat meningkatkan profitabilitasnya.
            Salon Sofie, dalam penerapan manajemen system informasi mencoba memberikan apa yang terbaik yang dapat diberikan oleh Salon Sofie kepada pelanggannya. Dengan kejujuran dan integritas serta upaya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan di semua sisi, diharapkan menciptakan keunggulan kompetitif bagi salon Sofie. Yang akan berguna dalam gerak persaingan dengan perusahaan-perusahaan lain yang terjun dalam bidang salon dan kecantikan.
             
Hambatan dalam penerapan.
            Kendala utama yang biasanya langsung terasa oleh organisasi atau perusahaan dalam upaya penerapan manajemen system informasi adalah dalam bentuk sumber daya manusia dan kebutuhan akan biaya yang akan dikeluarkan.
            2 hal itu pula yang dirasakan oleh Salon Sofie dalam usaha menerapkan manajemen system informasi. Karena perangkat keras seperti computer dan lain sebagainya mesti diperoleh dengan harga yang tidak sedikit. Selain itu ketika peralatan teknologi itu telah hadir, dibutuhkan pula waktu dan usaha untuk belajar menggunakan dan mengoptimalkan kemampuan dari peralatan teknologi tersebut.
           
Tinjauan pustaka

Minggu, 04 September 2011

Sekilas Info

Namaku Tuti Kusmiati, lebih dikenal dengan "Abu" oleh anak dan cucuku, menikah dengan Bapak Apep Syafei, sehingga juga dikenal dengan "Tuti Syafei". namun diantara rekan kuliah magisterku aku dipanggil "Bunda".